Open Your Heart And Smile

Apa Khabar Pom Bensin Sekarang?

pom bensin audy Kemaren sore, saat saya beli buah buat acara 17 Agustusan di kompleks perumahan saya, tiba2 saya baru sadar kalo bensin dah mo habis… Saya cepet2 mampir ke pom bensin yang kebetulan deket ama tempat jual buah di daerah Ngagel. Pom bensin sekarang luas2… dan petugasnya dah lebih ramah dibanding dulu2. Dulu sering ngalamin hal-hal yang ga menyenangkan di Pom bensin. Seperti petugasnya berusaha menutupi meteran nya, tidak memberikan kembalian yang pas, ngomongnya kasar dll. Nah, saya bukan mo cerita hal2 yang ga enak selama beli bensin di pom bensin, tapi justru  waktu lalu saya dibuat terkaget kaget sama pelayanan  petugas pom bensin.

Beberapa bulan lalu, saat saya ngisi bensin di salah satu pom bensin di jl Ahmad Yani Surabaya, saya dideketin sama petugas ce yang ramah, yang memberikan beberapa  pertanyaan survey, katanya untuk perbaikan kinerja petugas pom bensin. Survey nya antara laen, apa petugas selalu menyapa, tersenyum, menunjukkan angka 0 pada meteran sebelum mengisi dll.  Semuanya saya jawab dengan ‘ya’ karena memang itu yang saya hadapi, petugasnya selalu menyapa, senyum dll. Saya pikir, asyik juga kalo petugasnya jadi ramah, baik kayak gitu. 

Setelah saya amat2in, tidak smua Pom bensin udah menerapkan cara seperti tadi. Masih juga ada yang menggunakan cara2 lama. Yang kadang pake trik2 supaya pembeli ga sempet liat meteran nya dah nol ato blom. Misal, waktu mereka mo masukin selang ke mobil malah berdiri persis di depan angka meteran.  Trus pas jalanin bensinnya, meteran muter, kita tiba2 diajak ngobrol, jadinya ga merhatiin tadi meteran dah di angka berapa.. tau2 dah dicabut ajaah….ato pernah juga kadang kita diajak ngobrol terus mpe lupa, dah dikasih kembalian ato blom… yaaah…macem2 siiii…

Nah akhirnya saya malah sengaja ngisi bensin di tempat yang berbeda2, sekalian mo nyobain apa smua pom bensin menerapkan kebijakan yang sama, ramah ke pembelinya…. Suatu hari, saya ke pom bensin di daerah Gunungsari Surabaya, deket hotel Singgasana (dulu hotel Hilton). Pom bensinnya ga terlalu luas, pas saya dah berhentiin mobil, trus buka tutup bensin, saya kan  mo keluar mobil…badalaaaa…kaget banget sayaaa….karena pas mo buka mobil tiba2 di sebelah pintu pas di jendela mobil ada wajah orang yang senyum lebar….. Setelah kaget saya hilang, saya buka pintu, ternyata itu petugas pom bensin, dia dengan ramah nyapa….

‘mbak mo premium ato pertamax?’
berhubung pertamax dah mahaaaal :(( ya saya milih premium…hihihi…… (padahal dari dulu juga mampunya premium….hihihi) Trus petugas itu langsung ambil selang bensin, nunjukin angka nol di meteran sambil bilang…
‘dah nol yaaah..’ 

Pas udah selesai, dia bilang terimakasih, sama nanya perlu diprint kan struk nya ga….tentu saja dengan sopan dan senyum ramah….. dan nganterin saya balik lagi duduk di mobil…waduh saya kaget banget, soalnya jarang2 ato malah hampir ga pernah d nemu pom bensin yang petugasnya seramah ini. Bahkan di pom bensin yang tadi saya bilang ramah, ternyata masih kalah jauh sama yang ini. Soalnya, yang pertama itu, walau senyum dan selalu menunjukkan angka nol di meteran, mereka tu sikapnya  kira2 kayak gini ni…. coba bandingin.

Begitu saya turun dari mobil, (ga disambut di sebelah pintu dengan senyum lebarnya) saya ditanyain…

‘mbak premium apa pertamax?’ pake senyum standard…
‘premium mbak’(kebetulan petugasnya ce) jawab saya sambil senyum ramah…..
‘ooi Gung…pinjem pulpennya doonk….e..berapa liter mbak?’ jawabnya sambil ngobrol ma temennya ga tau namanya, agung, jagung…ato sapalah……
’50 ribu mbak…’ jawab saya masih senyum ramah…(kalo saya, senyumnya selalu ramah dan tulus d…hihihihi)
‘angkanya dah nol yaah mbak….iya iya Guung..ntar tak kembaliin…’ jawabnya sambil senyum ramah (tumbeeeeen…) tapi ke ga tau agung, jagung ato siapa itu temennya….
Setelah selesai dan saya bayar, dia juga cuman bilang makasih  masih dengan senyum standardnya….

Tentu saja saya akhirnya lebih seneng beli bensinnya ke pom bensin  yang lebih ramah tadi, yang ga cuman ramah standard dan melayani sambil ngobrol ndiri ama temennya … tapi yang langsung nyambut saya di sebelah pintu mobil dengan senyum lebarnya yang tulus walau ngagetin saya…

Suatu hari waktu saya habis pergi anterin mamah, tiba2 bensinnya habis padahal saat itu saya gi pake celana pendek, karena buru2 banget, jadi ga sempet ganti. Duuuh males banget d keluar mobil. Pas dah nyampe di pom, seperti biasa petugasnya tetep datang di sebelah pintu mobil, kali ini saya cuma buka jendela,…ga turun dari mobil dan bilang beli berapa liter, trus petugasnya tetep berusaha ngasih tau angka meteran nol, setelah selesai datengin saya lagi dibelakang setir sambil bilang makasih dan tetep nanyain perlu diprint in struk ato gaa…….Wah kan enak ni….kalo saya ga perlu keluar mobil, dan mereka tetep baik nunjukin meteran dah nol dst. Soalnya kan kadang kita gi pake kostum yang ga layak tampil misal kayak saya tadi  pake celana pendek ato baju model2 u can see buat di rumah gitu ( hihihi mo bilang daster ajaah pake mbulet2 bilang baju model rumah..) kan ga enak kalo mesti turun dari mobil…. Naaah…kalo belinya di pom bensin yang ini kan rasanya dah percaya ajaaah….orangnya ramah dan jujur… enak kaaaan….

Dah dulu yaaaah, mo siap2 acara tujuh belasan di tempat saya ni, semalam dah ada acara perenungan (kalo di Surabaya, tanggal 16 Agustus malam selalu ada acara malam perenungan di daerah masing2, biasanya makan tumpeng rame2 gelar tiker di jalan ato taman)…..

Moga2 d smua pom bensin bisa kayak gini…kan sama2 puasnyaa….. MERDEKA!!

 

SocialTwist Tell-a-Friend

100 Comments so far »

  1. by firanza, on August 20 2008 @ 3:38 pm

     

    Di surabaya emang lagi gencar2nya kok pelayanan PASTI PASnya pertamina ini non. Karena bentar lagi ada pihak swasta yang mau ekspansi SPBU ke seluruh indonesia, salah satunya medco, and petronas. Jadi pertamina ini ga mau kehilangan pelanggan gitu. Tapi kalo SPBU di gunungsari tuh salut banget, kapan2 tak kesana. Kalo aku biasanya di AR Hakim itu. Depannya Convention Hall.

  2. by kishandono, on August 20 2008 @ 5:14 pm

     

    beruntung sarana transportasi saya hanya sepede, butuhnya cuma tenaga kayuh semata

  3. by audy, on August 20 2008 @ 7:04 pm

     

    @ahead :D
    wah di sini juga kadang masih ada yang gitu d bli… tapi moga2 mereka sadar d, konsumen bisa milih….

    @badoer :D
    wew….bensin kok disunat yaaaah….

    @Masenchipz :D
    huaaaa….mesti dites niii bro…..

    @Enggar :D
    hehehe itu mending tany ke pak SBY ajaaah…

    @gus :D
    wah…..kok kompakan gini mas mas Masenchipz..

  4. by audy, on August 20 2008 @ 7:15 pm

     

    @Lucky :D
    selamat yaah mas alexanya naek…..wah…asyik dong pengalaman ditaksir ce cantik…hehehehe…… trus, masih telp2 an ga mas Luck?:-\

    @the gands :D
    loh..ada yang sakit yaaah di pom bensin bro?

    @Alexander Kurniawan :d
    hehehe…asyiiiik….ada yang bukain pintu…..emang kapan mo ke sby lex?

    @firanza :D
    kalo di AR Hakim gimana mas..mereka ramah2 juga ga? coba d ke gunungsari…..moga2 tetep ramah mereka… bagus d kalo ada perbaikan kinerja untuk seluruh pom bensin pertamina….

    @kishandono :D
    waaah menyehatkan banget tu maaas…..

  5. by fenny, on August 20 2008 @ 7:32 pm

     

    aku pernah pa antri bensin, tiba2 orang yg lg isi bensin di depanku disemprot ama bensin. huwaaa basahlah tuh orang, mungkin uda 5 liter lebih yang tersemprot ke badan orang itu. selidik punya selidik, ternyata pegawainya masih training. kekinya, dia cm blg “sorry..” dengan datar tanpa perasaan bersalah….

  6. by Kopdar di Bandung & Jakarta tgl 23-24 Agustus 2008 :.:. F u n k y L o v e .:., on August 20 2008 @ 8:14 pm

     

    […] kok. Ada yang mau nekat kopdaran di Juanda? Ya hayukkk…. Mungkin Anggi, Aya, Aldo, Permana, Audy mau nyusul di Juanda? Hehehe.. Ditunggu deh tanggal 21 Agustus jam 07.30 […]

  7. by @del, on August 20 2008 @ 8:39 pm

     

    Sayah mah jarang merhatiin itu mbak, malah angka meteranpun kadang ga merhatiin. percayaan sih orangnya :d

  8. by Ecko, on August 20 2008 @ 10:15 pm

     

    No comment, Girl.
    Cuma setor nama ajah. :D

  9. by bernie, on August 21 2008 @ 1:31 am

     

    wah udah ada gambarnya yaa…

  10. by audy, on August 21 2008 @ 7:37 am

     

    @fenny :D
    wah…emang ga gampang untuk dengan tulus meminta maaf yaah, yang ada cuman sekedar bilang maaf..tanpa ada penyesalan dan tindak lanjut….kasihan donk yang kena semprot bensin..lagian kan bahayaaa..kalo ada puntung roko ato korek api…bisa terbakar bener…
    btw thanks yaaaah pung backnya…kopdar bandung euy… enaknyaa…

    @@del :D
    waaah baik banget ni mas….

    @Ecko :D
    kapan setor uangnya mas…

    @bernie :D
    hehehe lucu kan gambarnya maas….

  11. by bagusbluesman, on August 21 2008 @ 10:19 am

     

    Sekedar tips…(ini dari temen2ku yg kerja di oil company)
    Kalo mau isi bensin.. lebih baik pagi2 hari sekali, karena massa jenis cairan itu lagi padat dari pada siang hari…
    jadi 1 liternya pagi2 massa jenisnya nya (kandungan bensinnya) lebih banyak..jadi bisa lebih irit pemakainnya..
    Trus kalo mau isi bensin liat dulu.. apakah sedang ada pengisian tangki bensin dari mobil tanki di pom gak, usahakan hangan pas ada pengisisn, soalnya kotoran2 di dasar tanki akn naik, dan kemungkina besar akan tersedot ke pengisinan bensin kita…
    ok silakan mencoba..

  12. by the gands, on August 21 2008 @ 12:59 pm

     

    lututnya yang sakit mbak.. :d

  13. by audy, on August 21 2008 @ 2:03 pm

     

    @bagusbluesman :D
    waaah thanks banget tipsnya yaaah…selama ini ga merhatiin kayak gitu..ngaruh juga ternyata yaaaah…. besok2 pagi banget d beli bensinnya…..

    @the gands :D
    oalaaah…masih nerusin yang sakit lutut dulu itu too maas…hihihihi …..

  14. by ajeng, on August 21 2008 @ 2:30 pm

     

    nah itu dia mbaak,pelayanan yang kita hrpkan dari dulu.
    Memang skrng hampir semua pom bensin (sepertinya,)men-trainning SDMnya agar jujur dan sopan pada pembeli.Mungkin untuk mengejar setifikat PASTI PAS itu kali ya mbakk?Apa mesti harus disediakan sertifikat dulu, baru kita mau sopan n santun sama orang….???
    its a terrific article mbaakk….dan gambarnya itu lhohhh… =))

  15. by Deddy Huang, on August 21 2008 @ 4:20 pm

     

    Katanya cari pom bensin yang ada PAS!! gitu… servicenya memuaskan.. tapi kayaknya gak kayak diiklan.. mereka kadang gak nyapa, senyum… lebih pas kalo ngasi lebih isi bensinya :D

  16. by audy, on August 21 2008 @ 5:39 pm

     

    @ajeng :D
    hehehe iyaaah ni mbak Ajeng, makin enak ajaaah kalo pom bensin makin baik pelayanannya ke konsumen…gambarnya hehehe itu dari mas Budi….

    @Deddy Huang :d
    iyaaah ni Ded, masih ada yang ga senyum, ramah, sopan… lom ditraining kali yaaah mereka…tergantung masing2 pengelola pom bensin kali yaaah…

  17. by ~newbie~, on August 22 2008 @ 12:52 am

     

    :d/:d/:d/hehehe gawat bensin lg ya!

  18. by Ben, on August 22 2008 @ 8:21 am

     

    Harga bensin di pom bensin beda2 kan? Di pom bensin favorit ini harganya jauh lebih mahal atau tidak?

  19. by mahardika, on August 22 2008 @ 9:26 am

     

    Kl saya menghadapi pomp bensin nakal, tinggal saya tarik aja kerah bajunya. Trus saya bawa ke kantornya n ketemu sama bosnya. Hehehehe… biasalah, saya orangnya temperamen gt deh. Hehehe.. :d

  20. by Manik, on August 22 2008 @ 8:34 pm

     

    sempat kenalan gak ama yg jual bensinnya? :d

  21. by afwan auliyar, on August 22 2008 @ 8:41 pm

     

    kan memang hrus :D …..

    tp lom smuanya SPBU sperti itu….. :D

    klo blogger spt itu gmn !?:!>!>

  22. by rizoa, on August 23 2008 @ 12:09 am

     

    apa ini mau naek lagi harga bensin???aduhhhhhhhhhhhhhhhhh

  23. by Bulet Panjang Item Nikmat…. Mau ??! | NIAS AUGUSMAN ZALUKHU, on August 23 2008 @ 12:10 am

     

    […] untuk cuti panjang dari aktifitas blogging beberapa waktu yang lalu. Namun berkat saran seorang gadis cantik yang begitu baik mau telpon-telponan dengan saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengurangi saja […]

  24. by audy, on August 23 2008 @ 7:17 am

     

    @~newbie~ :D
    hehehe bensin….

    @Ben :D
    wah…harganya sama ajaaah… karena masih sama2 bensin pertamina, hanya pengelola pom bensin beda2… Kalo di sana emang harga bensin beda2 yaaah?

    @mahardika :D
    waduuuuh serem ni bli maha……hihihi emang beneran pernah gitu?

    @Manik :D
    hihihi lom kenalan maas……

    @afwan auliyar :D
    iyaaah, emang harusnya semua gitu kan, selalu senyum dan ramah….termasuk blogger d:D

    @rizoa :D
    masa siiii…..kok naek lagi, kan harga minyak dunia dah turuuun…

    @zalukhu :d
    thanks pingback nya yaaaaaaah….

  25. by heddy, on August 23 2008 @ 12:04 pm

     

    kabar pom bensin di balikpapan yang memiliki pabrik pengolah minyak dunia entah bensin,solar maupun minyak tanah dan gas tentu saja tidak pernah tidak mengalami kelangkaan…:-\:-\

  26. by My, on August 23 2008 @ 1:11 pm

     

    coment ke 75….
    gak jadi koment dech… :((

  27. by ika, on August 23 2008 @ 3:08 pm

     

    Weees mbakkk akhirnya q tulis comment loooh…. Ngomong-ngomong tentang bensin yooo kapan-kapan mbokya dibahas kapan kira-kira harga bbm turun kayak pas jaman orba dulu…. Kmaren pas sempat langka suamiku cerita pas dia lagi perjalanan pulang dari Kudus ke Surabaya hampir di semua tempat yang dilewati spbu-nya tutup dengan alasan bbm habiss!! Toeng!!! Padahal kata dia perjalanan masih panjang dan di dasbor tanda bbm dah mendekati huruf E alias empty… Dengan berbekal semangat dan doa akhirnya di Tuban ada juga satu-satunya spbu yang masih ada stok dan saat itu jam menunjukkan pk 24.30 malaem… So petugasnya yo gak ada yang tersenyum ramah lah yaouw… Boro-boro senyum lebar matanya aja pada bengkak karena ngantuuuk…… Waaah kalo ntar harus beli bbm pake smart card pasti deh petugas maupun pngunjung spbu sama-sama gak ada yang senyum………..

  28. by audy, on August 23 2008 @ 5:01 pm

     

    @heddy :D
    bentar mas, tidak pernah tidak mengalami kelangkaan? jadi selalu mengalami kelangkaan? wew….aneh yaaaah….

    @My :D
    :(( kok ga jadi comment mbaaak…:((

    @ika :D
    waaaah…..emang serem yaaah mbak, pas sempet ada kelangkaan BBM… tapi kalo slogan ‘pasti pas’ itu kata temen2 emang dah jadi semangat pertamina, karena siap bersaing ama pihak swasta yang mo ikut masuk ni….. makanya sekarang mereka ‘berusaha’ untuk ramah …ga tau juga yaaah…kalo pas tengah malam gitu apa ya masih tetep ramah hihihi ntar dicoba d…..

  29. by Gunawan, on August 23 2008 @ 5:11 pm

     

    ” The Singer, not The Song ” =d>=d>=d>

  30. by audy, on August 23 2008 @ 8:29 pm

     

    @jempolkaki :D
    aduuuh mas, kok mpe kelewatan, maaf banget yaaah….. iyaa ni, kadang petugasnya kasar, tapi sekarang dah mulai ramah mas…dan sementara ini yang paling ramah yaa yang gunungsari itu kalo sby….

    @Gunawan :D
    wew…..thank u banget pak Guuun…..

  31. by zahro, on August 24 2008 @ 8:24 am

     

    kok pengendara sepeda motor nggak ya..
    gak adil!! :((

  32. by ichanx, on August 24 2008 @ 1:40 pm

     

    wow…. service yang memuaskan dari sebuah pompa bensin… patut ditiru

  33. by arikaka, on August 24 2008 @ 2:04 pm

     

    waduuuuhhhh

    Knapa hpku eror melulu..

    ga m3 ga axis…

    masa mau komen harus k warnet..

    [-(

  34. by deddy, on August 24 2008 @ 10:41 pm

     

    duh udah kejauhan
    yah mending daripada dapetnya solar
    MERDEKA aja deh :d :x

  35. by LeOden, on August 24 2008 @ 11:01 pm

     

    Kira-kira para blogger kita bisa seramah petugas pom bensin yang tadi ga ya. “Silakan komen di sini mas/mbak/om/tante,” sambil senyum. Lalu kalo udah komen dikasih permen yang dingin2 empuk itu, trus lengket….hix

  36. by audy, on August 25 2008 @ 4:56 am

     

    @zahro :D
    mmm kapan2 mo nyoba minta tolong dianterin temen naek motor d, mereka masih ramah ga yaaaah…moga2 ya ramah. ini khusus yang pom benssin gunungsari yaah, yang laen masih biasa2 ajaaah…

    @ichanx :D
    iyaah chanx semoga kita smua bisa seperti itu, ga cuman petugas pom bensin di gunungsari sby…

    @arikaka :D
    hehehe saya juga kok mas ar, xl sering ngadat, jadi buat postingpun saya harus ke hotspot….

    @LeOden :D
    wah…keren d pastinyaaa….semua bisa open heart and smile hehehe…

  37. by imcw, on August 25 2008 @ 6:53 am

     

    Screenshot pom bensinnya koq nggak ada?

  38. by lucky, on August 25 2008 @ 6:14 pm

     

    hi cantik!! har ini juga naik tapi pengunjungnya berkurang.. jadi aneh saya :-?

  39. by audy, on August 25 2008 @ 6:41 pm

     

    @imcw :D
    waduh iyaaah ni pak dokter….lom bikin…..:D

    @lucky :D
    wah congrats yaaah….ya nikmatin ajaaah mumpung naek yaaaah….moga2 ntar trafficnya juga naek…..

  40. by Ben, on August 25 2008 @ 8:18 pm

     

    Audy,
    Mungkin nanti kalo ada pengelola baru di luar Pertamina, harga bensin bisa beda2, dan mestinya ada sedikit kompetisi ya. Seperti dibilang di atas katanya akan ada investor baru?

  41. by Bayu Aditya, on August 26 2008 @ 1:31 pm

     

    wah, saya benci bgt tuh ama tukang pom bensin yg curang begitu, dikira cari duit gampang :(

  42. by lucky, on August 28 2008 @ 1:23 pm

     

    hiiiiiiiiii

  43. by utchanovsky, on August 30 2008 @ 10:15 am

     

    hehehe niat banget survey pom bensinya. Keren asli lho :d

  44. by bowbee, on September 2 2008 @ 7:30 am

     

    Hmm… Semua pom bensin di kota saya, Malang, ramah-ramah kok. Ga ada yang berbuat curang, jahat, ato yang lain-lain. Kapan-kapan coba deh mampir, isi bensin di Malang… :D

    Kan udah digalakkan ma pertamina, bahwa pegawai Pertamina harus ramah tamah, jujur, dan sikap-sikap oke lainnya.

  45. by bagus, on September 21 2008 @ 5:24 pm

     

    wah selama saya di surabaya kok belum pernah ke daerah gunungsari itu yaaa…..cewek apa cowok mbak (pentinng g sih?? hehe) kalo cowok saya jadikan teman baik kalo cewek saya jadikan istri halah (kayak di dongeng2 gt)hheehhe:d/

  46. by Ben, on September 21 2008 @ 9:49 pm

     

    Dongeng HC Andersen?

  47. by m4s73r, on October 2 2008 @ 6:09 am

     

    emang kebiasaan yg jaga pom bensin !! :)>-

  48. by audy, on October 15 2008 @ 9:50 am

     

    @Bayu Aditya :d
    iyaah…..parah kalo curang…moga2 ga ada lagi mas

    @lucky :d
    hehehe hi juga mas.

    @bowbee :D
    mmm sekarang ternyata banyak yang ga seramah dulu d..hiks…dah menurun tingkat keramahannya..

    @bagus :d
    hihihihi…..segitunya yaah mas Bagus….ada yang co ada yang ce..hayoo…mo dijadiin istri beneran tu?

    @Ben :d
    kayaknya dongeng di Indonesia banyak gitu d…

    @m4s73r :d
    kebiasaan gimana? yang ramah ato ga?

  49. by Boedy, on March 22 2010 @ 9:17 pm

     

    Mbak tau ga, klo mau tau kemurnian bensin (dicampur apa tidak) gimana caranya ya? apa ada hubungan antara massa jenis dengan kadar kemurnian bensin tsb? trims…

  50. by suryadi, on April 30 2010 @ 12:08 pm

     

    pengalaman2 banyak sekali yach,
    ini saya mau berbagi pengalaman juga tapi yang pahit2 saja, 10 th lalu saya mengisi solar pantherr saya di spbu Genteng , Banyuwangi. begitu saya datang, si petugas memberi aba2 untuk merapikan mobilnya supaya pas mungkin yach, mungkin juga karena setiran saya kurang pas buatnya, maka petugas mengumpat saya krn saya kira sudah selesai maka mobil saya matikan: ” Dasar Cina ngak bisa diatur, suruh taruh sini saja mbulet tidak bisa diatur.. begitu saya dengar begitu saya nyalakan mobil sebentar, pura2 nurut tapi saya langsung tancap gas pergi, dari kejauhan saya lihat petugas rasis yang berewok tadi celometan gak karuan… bukan apa, karena saya jadi ketakutan dengan petugas tadi… dan dalam hati awas saya tidak akan datang kesana lagi…alhasil sampai sekarang saya takut ke sana. ittu lho, pom bensin sebelum masuk ke kota Genteng, dan mungkin sampai sekarang orangnya masih ada disana. brengsek banget itu, mungkin pemiliknya juga sama ya, mengajari petugasnya seperti itu. dasar rasis, brengsek amat…mentang2 pribumi, ehm. tapi saya juga wni lho? tdk tahu perbedaan di Indonesia ini kali :)

Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment

Name: (Required)

eMail: (Required)

Website:

Smileys: :) :( :d :"> :(( \\:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- Smiley Berikutnya »

Comment:

 

Reviews


Add to Technorati Favorites

SecundaPutri.Com Open Your Heart And Smile to read my secret articles about my daily activities, computer, books, internet marketing, blog, wordpress.. Open Heart, Smile, Article, Marketing.